Kerjasama

Kegiatan-kegiatan KK Teknik Metalurgi juga banyak ditopang oleh kolaborasi dan kerjasama dengan sejumlah universitas-universitas di luar negeri. Bentuk-bentuk kolaborasi diantaranya adalah:

  1. Nagaoka University of Technology, kerjasama dalam kegiatan pertukaran pelajar yang dimulai sejak tahun 2008 dan akan berakhir pada tahun 2015, menghasilkan manfaat beberapa mahasiswa S1 Prodi Sarjana Teknik Metalurgi ITB (total sudah 5 orang yang mengikuti program exchange student dari tahun 2009 sampai sekarang) dan melakukan penelitian tugas akhirnya di Nagaoka University of Technology.
  2. Pohang University of Science and Technology (Postech), kerjasama dalam kegiatan pertukaran pelajar yang dimulai sejak tahun 2009 dan akan berakhir pada tahun 2016, menghasilkan manfaat salah satu professor dari Postech menjadi keynote speaker pada Seminar Nasional Besi dan Baja 2011 yang diselenggarakan oleh Prodi Sarjana Teknik Metalurgi dan juga memberikan kuliah tamu pada mahasiswa Prodi Sarjana Teknik Metalurgi, dan beberapa mahasiswa S1 sedang dipersiapkan untuk melakukan short research di Postech.
  3. Sejong University, South Korea, kerjasama berdasarkan MoU antara ITB dan Sejong University dimulai sejak tahun 2010 dan akan berakhir pada tahun 2015, dalam kerjasama ini telah diperoleh beberapa manfaat yang diantaranya adalah salah satu Profesor dari Sejong University diundang sebagai Keynote speaker pada seminar IPM 2011 di Aula Timur ITB dilanjutkan dengan proses recruitment beasiswa untuk S3 di Sejong University yang salah satunya adalah calon dosen PS Sarjana Teknik Metalurgi ITB (Bonita Dilasari, ST., MT.) mendapat beasiswa S3 di Sejong University dan sudah memulai studinya sejak bulan Maret 2011.